Kurma Simanis dengan segudang khasiat

Kali ini kita akan membahas buah kecil nan manis yang menjadi menu favorit di kala bulan suci Ramadhan, apalagi kalau bukan “Kurma” atau “Date Palm”.

Kurma adalah tanaman Palma dalam Genus Phoenix yang buahnya dapat dimakan, kemungkinan tanaman ini berasal dari daerah Teluk Persia. Pohonnya berukuran sedang dengan tinggi sekitar 15-25m. Kurma menjadi makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun lamanya.

Kandungan Nutrisi pada Kurma

Tau ga Guys? Ternyata Kurma memiliki banyak kandungan dan manfaat loh. Setiap 100 gram Kurma segar dapat mengandung sumber vitamin C dan energy sebesar 230 kcal ( 960 kJ ), karbohidrat 75 g, gula 63 g, serat pangan 8 g, lemak 0,4 g, protein 2,5 g, air 21 g, Vitamin C 0,4 mg ( 1% ), Manganese ( 0,262 mg ).

Manfaat Kurma untuk Kesehatan Tubuh

1. Mengatasi Konstipasi

Kurma sering dikategorikan sebagai makanan pencahar. Inilah sebabnya mengapa mereka begitu sering dimakan oleh orang-orang yang menderita sembelit atau susah buang air besar.

Kurma memiliki kadar serat larut yang tinggi, yang penting dalam menggiatkan pergerakan usus sehat sehingga makanan beserta limbahnya bisa lancar melewati saluran cerna

2. Menunjang Kesehatan dan Kekuatan Tulang 

Kurma mengandung sejumlah mineral yang signifikan sehingga membuatnya menjadi makanan super untuk memperkuat tulang. Khasiat kurma mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium, yang semuanya merupakan bagian integral dari perkembangan dan kekuatan tulang yang sehat, terutama saat orang mulai menua dan tulang mereka perlahan melemah.

3. Mengatasi Gangguan Usus

Kandungan nikotin pada kurma dianggap bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis kelainan usus. Asupan kurma yang terus menerus membantu menghambat pertumbuhan organisme patologis dan dengan demikian, kurma dapat membantu merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus.

4. Membantu Mengobati Anemia

Kurma memiliki kandungan mineral tinggi, yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan. Manfaat buah kurma dalam membantu mengobati anemia atau kurang darah diperantarai oleh kandungan zat besi yang cukup tinggi.

5. Mempercepat Pemulihan Penyakit Demam Berdarah

Berdasarkan beberapa kajian menyatakan bahwa dengan memanfaatkan kurma ini dapat membantu dalam peningkatan jumlah trombosit pada penderita sakit demam berdarah.

Mineral yang terdapat dalam kurma setelah dikonsumsi seperti galaktosa, xilosa, dan manosa, dapat menambah kadar trombosit sekitar 23.90%.

6. Energy Booster

Kurma mengandung gula alami yang tinggi seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Oleh karena itu, kurma bisa dijadikan sebagai camilan yang sempurna untuk segera ‘meledakkan’ energi. Maka benarlah apa yang dicontohkan oleh sang rasul untuk mengawali berbuka puasa dengan beberapa butir kurma.

7. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Manfaat kurma yang satu ini tidak terlepas dari kandungan beberapa vitamin B yang memang baik untuk kesehatan dan fungsi sistem saraf. Di samping itu, terdapat juga kalium yang merupakan salah satu bahan utama dalam mempromosikan sistem saraf yang sehat dan responsif, dan juga meningkatkan kecepatan dan kewaspadaan aktivitas otak.

8. Meningkatkan Daya Ingat dan Sistem Kerja Otak

Telah diketahui bahwa kandungan kalium pada buah kurma sangat banyak sekali, sehingga kalium ini mampu mengendalikan oksigen dalam tubuh sampai ke otak hingga cairan dalam tubuh juga mengalami kelancaran dalam fungsinya. Lebih rutinlah dalam mengonsumsi buah kurma ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Menjaga Kesehatan Jantung 

Kurma juga merupakan sumber potassium yang tinggi, yang berdasarkan penelitian telah terbukti mengurangi risiko stroke dan penyakit terkait jantung lainnya.

Selain itu, mengonsumsi kurma juga menjaadi cara yang sehat dan lezat untuk mengurangi kadar kolesterol LDL dalam tubuh, yang merupakan faktor utama serangan jantung, penyakit jantung, dan stroke. Karena itu, bila diminum dua kali seminggu, kurma bisa serius meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

10. Mengendalikan Diare

Kurma matang mengandung potasium, yang dikenal sebagai zat yang efektif untuk mengendalikan diare. Kurma juga mudah dicerna, yang selanjutnya membantu meringankan gejala diare kronis yang tak menentu. Serat larut dalam kurma juga dapat membantu meringankan diare, dengan cara menormalkan gerakan usus dan meningkatkan fungsi sistem ekskresi yang normal dan sehat.

11. Mencegah Kanker Lambung

Penelitian telah menunjuk bahwa manfaat kurma menjadi salah satu makanan yang dapat mengurangi risiko dan dampak serius dari kanker lambung. Buah kurma bekerja sebagai tonikum yang berguna untuk semua kelompok usia.

Bahkan pada beberapa kasus, obat ini bekerja lebih baik daripada obat tradisional, dan alami, sehingga tidak menimbulkan efek samping negatif pada tubuh manusia. Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa buah kurma juga dapat dicerna dengan cepat dan memberikan dorongan energi yang instan.

12. Membantu Mencegah Risiko Kanker Otak

Berbagai kandungan mineral di dalam buah kurma seperti magnesium, boron, kalsium, sulfur, dan potassium sangat berperan dalam mencegah risiko kanker otak. Mineral yang terdapat dalam buah kurma ini cukup banyak.

13. Sumber Antioksidan

Menilik kandungannya, kurma merupakan sumber antioksidan yang sangat bagus. Antioksidan itu sendiri memliki manfaat dalam melindungi tubuh dari radikal bebas yang merusak sel bahkan menyebabkan kanker. Zat-zat fitokimia yang termasuk sebagai antioksidan pada kurma di antaranya polifenol, sterol, tanin, dan karoten.

14. Mencegah penggumpalan darah

Manfaat kurma selanjutnya yaitu mencegah penggumpalan darah, karena kurma kaya akan asam salisilat. Tentu ini sangat penting, karena penggumpalan darah bisa berakibat fatal apabila terjadi pada pembuluh darah otak (stroke) dan pembuluh darah jantung (serangan kantung).

Sekarang sudah tahukan manfaat serta khasiat buah kurma, si kecil nan manis yang mempunyai segudang manfaat untuk tubuh kita, yukk, mulai sekarang rutin konsumsi kurma agar tubuh kita tetap sehat. Demikian info tentang kurma semoga bermafaat untuk kita semua…..

Sumber : boleh.id,
honestdocs.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *