Sesuai Harganya yang Fantastis, ternyata Kurma Medjool juga Banyak Mengandung Manfaat

Kurma medjool ditanam di Amerika Serikat yang beriklim lebih tropis seperti Arizona, California, dan Florida. Medjool benar-benar dipetik dan dikemas segar, sehingga lembut dan tidak ada bagian tekstur yang keras sebagaimana kurma kebanyakan. Panjang kurma medjool bisa mencapai 10-15 cm, namun bijinya kecil. Dagingnya padat, manis mirip karamel. Cocok diolah menjadi saus hingga dessert. Tentu, dimakan begitu saja sudah cukup memuaskan. 

Medjool lahir di Maroko, dan bersama 11 pohon kurma lainnya dibawa ke Negara Bagian Nevada, AS, di tahun 1927. Enam dari sebelas pohon ini masih ada di sana, dijuluki The Big Six. Medjool mengandung fruktosa dan glukosa alami, sejenis karbohidrat sederhana yang baik untuk meningkatkan energi saat berpuasa. Medjool merupakan sumber vitamin, mineral dan kalium yang merupakan serat larut makanan. Tidak hanya baik untuk tubuh tetapi juga bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Dianjurkan mengonsumsinya saat berbuka puasa agar tubuh segar kembali.

Manfaat Kesehatan dari Kurma Medjool

  1. Membantu Pencernaan

Salah satu hal terbaik dari kurma Medjool adalah kandungan serat tinggi yang dapat membantu menghilangkan sembelit dengan memicu gerakan peristaltik dan mengatur gerakan usus. Serat juga dapat membantu meredakan wasir, kembung, kram, dan sakit perut.

  • Mengantur Tekanan Darah

Level kalium yang ada dalam kurma Medjool memiliki efek positif pada tekanan darah. Kalium mampu meredakan ketegangan di pembuluh darah dan arteri. Kalium dapat meredakan ketegangan pada sistem jantung dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

  • Meningakatkan Metabolisme

Vitamin B juga terkandung di dalam kurma medjool. Niasin, asam pantotenat, dan asam folat, sangat penting untuk mengatur metabolisme. Tembaga juga ditemukan dalam kadar tinggi dalam kurma ini, yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi dan berkontribusi untuk menghasilkan energi dalam tubuh.

  • Meningkatkan Pertumbuhan

Tingkat protein dalam Kurma Medjool tidak terlalu tinggi, tetapi kombinasi kalsium, kalium, dan magnesium diketahui bisa meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan terutama pada anak-anak.

  • Mengatur Penyerapan Nutrisi

Dengan meningkatkan pencernaan, Kurma Medjool juga dapat memastikan bahwa proses pencernaan kita efisien. Kadar tembaga dan kalsium juga meningkatkan ketersediaan zat besi dan kalium, yang bisa meningkatkan kesehatan.

  • Meningkatkan Pengelihatan

Kurma Medjool mengandung beta-karoten, yang dapat diubah menjadi vitamin A. Seperti yang kita tahu vitamin A adalah antioksidan kuat yang sangat efektif untuk perawatan mata.

  • Mengurangi Kolesterol

Kadar serat makanan yang tinggi selalu baik untuk orang yang memiliki kolesterol tinggi. Kurma Medjool dapat mengontrol kadar kolesterol dan menurunkan risiko penyakit jantung.

  •  Memperkuat Tulang

Kurma Medjool mengandung kadar magnesium, mangan, tembaga, dan kalsium, yang diperlukan untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang dalam tubuh. Nah, Sekarang sudah tahu kan bahwa kurma medjool memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber : Femina.co.id, food.detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *